Selasa, 26 Januari 2016

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan


Ada banyak alasan positif untuk minum kopi, termasuk berbagai manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Beberapa manfaat kesehatan dari kopi yang kami rangkum dari berbagai sumber, semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang manfaat kopi. Karena kesehatan haruslah berdasarkan evidence based maka kami juga cantumkan sumber-sumber nya.


1. Kopi dapat mengurangi nyeri termasuk nyeri kepala
Dua gelas kopi dapat mengurangi nyeri otot yang timbul setelah bekerja atau olahraga. Journal of Pain, March 2007.
Efek aspirin, ibuprofen atau paracetamol dalam mengurangi nyeri dapat diperkuat jika diminum bersama kopi. Termasuk nyeri kepala. WebMD

2. Kopi dapat membantu membakar lemak
Kafein adalah salah satu substansi alam yang terbukti dapat membantu dalam pembakaran lemak tubuh, 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang bertubuh kurus. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa kopi meningkatkan laju metabolisme 3-11%.

3. Kopi bersifat hepatoprotektif (melindungi hati)
Beberapa penelitian terbaru menyebutkan bahwa kopi memiliki manfaat hepatoperotektif. Para peminum kopi menunjukkan penurunan produksi enzim hati dibandingkan bukan peminum kopi. Rutin minum 4 gelas kopi per hari  menurunkan resiko sirosis hati hingga mencapai 80%.
The hepatology journal


4. Kopi memperkecil resiko diabetes mellitus tipe 2
Frank hu dari Harvard University menyebutkan bahwa 4-6 gelas kopi perhari dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 22%. The archives of internal medicine
Berdasarkan review terhadap 18 penelitian dengan total 457.922 subjek penelitian, satu gelas kopi yang diminum rutin tiap hari akan menurunkann resiko terkena diabetes mellitus sebesar 7%.

5. Kopi mengandung beberapa nutrisi esensial
Satu gelas kopi mengandung vitamin B12 (11% RDA), vitamin B5 (6% RDA), Mangan dan potassium (3% RDA) dan  Magnesium (2% RDA). Walau tampaknya kecil, faktanya orang dapat minum 3-4 gelas kopi per hari.

6. Kopi menurunkan resiko penyakit Alzheimer dan dapat meningkatkan memori
Terdapat bukti yang menunjukkan bahwa kafein dapat melindungi anda dari penyakit Alzheimer. European Journal of Neurology
Pada sebuah penelitian pada tahun 2007 menemukan bahwa wanita usia 65 tahun atau lebih, yang rutin minum 3 gelas kopi atau lebih dalam sehari memiliki performa lebih baik dalam tes memori dan penurunan memori yang lebih ringan dibandingkan dengan wanita yang hanya minum 1 gelas kopi perhari.

7. Kopi mengurangi resiko depresi
Penelitian selama 10 tahun terhadap 86.000 perawat wanita menunjukkan bahwa perawat yang terbiasa minum kopi lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi. The archives of internal medicine.
Studi lain dari Harvard School of Public Health tahun 2011, menyebutkan bahwa wanita yang minum 4 gelas kopi atau lebih, 20% lebih kecil kemungkinannya mengalami depresi.
Penelitian lain pada 208.424 subjek menemukan bahwa minum 4 gelas kopi perhari akan menurunkan resiko bunuh diri.

8. Kopi memperkecil resiko penyakit parkinson
Para peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk menderita penyakit parkinson dibandingkan saudara kandungnya yang bukan peminum kopi.
The Archives of Neurology.
Bahkan terdapat peneliti Swedia yang menyebutkan bahwa rutin minum kopi akan mengurangi resiko penyakit parkinson bahkan pada orang yang memiliki faktor genetik Parkinson.

9. Kopi mengurangi resiko berbagai problem/penyakit jantung
Peneliti dari Korea menyebutkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi 3-5 gelas kopi perhari memiliki resiko lebih kecil untuk menderita penyakit jantung.

10. Kopi mengurangi resiko penyakit kanker
Peneliti dari UNC Norris Comprehensive Cancer Center menemukan bahwa mengkonsumsi 1 hingga 3 gelas kopi perhari mengurangi resiko hepatocellular carcinoma (HCC) sebesar 29%.
Sebuah penelitian oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan resiko kanker prostat
Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh the Journal of the National Cancer Institute menyebutkan bahwa kejadian melanoma akan menurun pada para peminum kopi.

11. Kopi mengurangi resiko penyakit Gout
Penelitian terhadap 50.000 pria menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi kopi sebanding dengan penurunan resiko penyakit Gout.

12. Kopi membuat awet muda
Penelitian yang diterbikan di Annals of Internal Medicine, 17 Juni 2008; menyebutkan bahwa wanita yang rutin minum kopi memiliki resiko kematian lebih kecil akibat kanker dan penyakit jantung.
Penelitian selama 13 tahun terhadap lebih dari 400 ribu orang yang dipublikasikan oleh New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa peminum kopi akan terlindungi dari resiko kematian yang lebih cepat akibat diabetes, penyakit jantung dan kanker.
Penelitan lain dari Harvard University juga menkonfirmasi bahwa konsumsi 1 hingga 5 gelas kopi perhari dapat mencegah kematian lebih dini akibat berbagai penyakit.

13. Kopi dapat mencegah kerusakan retina
Penelitian dari Cornell University menyebutkann bahwa kopi dapat mencegah kerusakan retina akibat oxidative stress. Chlorogenic acid (CLA) merupakan antioksidan kuat yang ditemukan pada biji kopi.

14. Kopi mencegah gigi berlubang
Peneliti dari Brazil menemukan bahwa kopi dapat membunuh bakteri yang tumbuh pada gigi dan mencegah terbentuknya karang gigi. Namun menambahkan susu atau gula akan mengurangi efek positif ini.

15. Kopi melindungi dari periodontal diseases
US Department of Veterans Affairs Dental Longitudinal Study melakukan penelitian terhadap konsumsi kopi pada 1.152 pria, tahun 1968-1998. Para peneliti menemukan bahwa kopi memiliki efek perlindungan terhadap berbagai penyakit gigi dan gusi.

16. USDA dietary guidelines 2015 merekomendasikan 3-5 gelas kopi perhari untuk menjaga kesehatan dan mengurangi resiko berbagai penyakit. Namun penambahan gula, krimer dapat mengurangi efek positif kopi.

17. Kopi mengandung banyak antioksidan
Edward Giovannuci, peneliti dari Harvard, mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan kebanyakan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Bagi sebagian besar orang, kopi  dapat menjadi bagian dari program menu sehat harian. Bahkan sampai ada yang bilang “tidak ada alasan untuk tidak menikmati dua gelas kopi sepanjang hari”. Namun, bagi beberapa orang kopi bisa saja menimbulkan beberapa efek yang tidak menyenangkan. Jantung berdebar-debar dan perut kembung akibat peningkatan asam lambung. Begitu pula bagi wanita hamil, harus lebih hati-hati terhadap jumlah kopi yang diminum perhari.
Lantas berapa jumlah kopi yang dapat diminum dalam satu hari yang akan memberikan dampak positif untuk kesehatan. Banyak sekali artikel populer dan berbasis bukti menyebutkan bahwa konsumsi 2-3 gelas kopi perhari aman dan akan memberikan banyak manfaat positif bagi peminumnya.


Sumber :


1 komentar:

  1. Mesin kopi eropa untuk membuat kopi ternikmat kini hadir di indonesia, silahkan klik Mesin Kopi Eopa Ternikmat. salam sukses. :)

    BalasHapus